MANAJEMEN
Pengertian Manajemen
- Menurut Drs. Oey Liang Lee Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
- Menurut Prof. Eiji Ogawa Manajemen adalah Perencanaan, Pengimplementasian dan Pengendalian kegiatan-kegiatan termasuk system pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi usaha dengan terlebih dahulu telah menetapkan sasaran-sasaran untuk kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.
Fungsi manajemen :
Fungsi
manajemen adalah
elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen
yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk
mencapai tujuan. Fungsi manajemen pertama kali diperkenalkan oleh seorang
industrialis Perancis bernama Henry Fayol pada awal abad ke-20. Ketika itu, ia
menyebutkan lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah,
mengordinasi, dan mengendalikan. Namun saat ini, kelima fungsi tersebut telah
diringkas menjadi tiga, yaitu:
- Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu
- Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas yang telah dibagi-bagi
- Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.
MANAJER
Manajer adalah seseorang yang mengarahkan orang lain dan bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut. Pemimpin adalah mereka yang menggunakan wewenag formal untuk mengorganisasi, mengarahkan dan mengontrol para bawahan yang bertanggungjawab, supaya semua bagian pekerjaan dikoordinasi untuk mencapai tujuan perusahaan (Robert Tanembaum)
Tugas-tugas manajer :
1. Siklus
pengambilan keputusan, POSDC, penilaian dan pelaporan
2. Manajer
harus dapat menciptakan kondisi yang akan membantu bawahannya mendapatkan
kepuasan dalam pekerjaannya.
3. Harus
berusaha agar para bawahannya bersedia memikul tanggung jawab.
4. Harus
membina bawahannya agar dapat bekerja secara efektif dan efisien.
5. Manajer
harus membenahi fungsi-fungsi fundamental manajemen dengan baik.
6. Manajer
harus mewakili dan membina hubungan yang harmonis dengan pihak luar.
Etika manajerial
Etika manajerial adalah standar
prilaku yang memandu manajer dalam pekerjaan mereka. Ada tiga kategori
klasifikasi menurut Ricky W. Griffin
·
Perilaku
terhadap karyawan
·
Perilaku
terhadap organisasi
·
Perilaku
terhadap agen ekonomi lainnya
KEMAMPUAN MANAJERIAL
Kemampuan manajerial adalah kemampuan manajer dalam mengatur, mengkoordinasikan, dan menggerakkan para bawahan ke arah pencapaian tujuan yang ditetapkan oleh organisasinya. Kemampuan manajerial lahir dari proses pembelajaran. Kegagalan mengoptimalkan kemampuan manajer ini disebabkan sebagai berikut :
Kemampuan manajerial adalah kemampuan manajer dalam mengatur, mengkoordinasikan, dan menggerakkan para bawahan ke arah pencapaian tujuan yang ditetapkan oleh organisasinya. Kemampuan manajerial lahir dari proses pembelajaran. Kegagalan mengoptimalkan kemampuan manajer ini disebabkan sebagai berikut :
· Manajer kurang mampu memahami kinerja yang diharapkan dari posisinya.
· Kurang memahami peran manajerial yang diembannya.
· Tidak menguasai keterampilan manajerial.
· Tidak mampu memotivasi bawahan.
Untuk itu ada
10 langkah pengoptimalan kinerja manajer yaitu : (Dadang dan Sylvana, 2007)
· Pekerjaan yang menarik.
· Kesejahteraan memadai.
· Keamanan bekerja.
· Penghayatan terhadap pekerjaan.
· Suasana kerja yang baik.
· Promosi dan perkembangan diri mereka sejalan dengan kompetensi dan
kontribusi.
· Pengertian dan simpati atas masalah pribadi.
· Merasa terlibat dalam kegiatan-kegiatan kelompok kerja.
· Kesetiaan manajer pada bawahan.
· Selalu disiplin dalam bekerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar